Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar dapat di klasifikasikan menjadi 2 macam yaitu:
1. pasar persainagan sempurna (perfect competitive market)
2. pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market)
- Monopoli
- Pasar monopolistik (monopolistic competition)
- OLigopololi
1. Koperasi dalam pasar poersaingan sempurna
Persaigan sempurna adalah stuktur pasar yang paling banyak di gunakan
oleh para ahli ekonomi sebagai dasar analisis dan perencanaan suatu
perekonomian.
Ciri-cirinya :
- Penjual dan pembeli dari suatu produk sangat banyak sehingga masing-masing pihak tidak dapat mempengaruhi harga.
-Produk yang di perjual belikan bersifat homogen, yaitu semua produk yang di tawarkan sama dalam segala hal.
- Masing-masing penjual ataupun pembeli mempunyai kebebasan untuk keluar atau masuk kedalam pasar.
- Pelaku ekonomi mempunyai pengetahuan dan informasi yang sempurna dari kondisi pasar, struktur harga dan kualitas barang.
Dalam jangka panjang dapat diharapkan (dengan asumsi bebas masuk dan
keluar dari pasar) keunggulan kompetitif dapat tercipta dengan
introduksi inovasi terbaru. Tetapi perusahaan perseorangan dan
perusahaan-perusahaan lain yang non koperasi akan melakukan hal yang
sama, sehingga koperasi tidak mempunyai keunggulan khusus. Oleh karena
itu koperasi harus meningkatkan kemampuan inovatifnya dengan laju yang
lebih cepat daripada perusahaan saingannya. Hanya dengan cara seperti
itu koperasi dapat mempunyai keunggulan pelayanan kepada anggotanya
dibanding pesaingnya baik dalam jangka pendek maupun panjang. Kondisi
keunggulan jangka panjang dari keanggotaan koperasi adalah lebih sulit
untuk direalisasi oleh koperasi, terutama di negara-negara sedang
berkembang. Banyak ahli teori koperasi yang pada akhirnya berkesimpulan
bahwa dalam pasar persaingan sempurna koperasi tidak dapat memberikan
kelebihan/ keunggulan dibanding dengan Perusahaan Non Koperasi.
2. Di Pasar Monopolistik
Pasar Monopolistik adalah bentuk dari organisasi pasar, dimana hanya ada
satu perusahaan atau penjualan suatu produk di pasar yang bersangkutan.
Dari sudud cakupan, monopoli ada yang bersifat lokal, regional, dan
nasional. misal yang bersifat lokal : KUD sebagai penyalur tunggal
Kredit Usaha Tani (KUT) dan pupuk. yang bersifat regional : dapat di
lihat dalam penyediaan air minum bersih di mana di monopoli oleh
perusahaan daerah air minum (PDAM). Sedangkan yang bersifat nasional :
mopoli di bidang layanan pos, telepon, telegram, dan listrik.
3. Peranan Koperasi Dalam Pasar Monopsomi
dalam pasar monopsomi terdapat banyak penjual tetapi hanya ada satu pembeli.
Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan industri
hewan potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi
petani adalah nonsen. Salah satu contoh monopsoni juga adalah penjualan
perangkat kereta api di Indonesia. Perusahaan Kereta Api di Indonesia
hanya ada satu yakni KAI, oleh karena itu, semua hasil produksi hanya
akan dibeli oleh KAI.
Apabila seorang pengusaha membeli suatu factor produksi secara bersaing
sempurna dengan pengusaha lain,maka ia secara perorangan tidak bisa
mempengaruhi harga dari factor produksi itu.
4. Dipasar Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan
(penjual) yang menguasai pasar, baik secara independen maupun secara
diam-diam bekerja sama.
Banyak koperasi di pasar-pasar lokal yang telah berintegrasi vertikal
atau pasar-pasar yang lebih besar dimana perusahaan-perusahaan yang
telah mapan masih sangat terbatas. Hal ini menunjukkan bahwa koperasi
telah berada di struktur pasar oligopoli yaitu struktur pasar dengan
hanya terdapat beberapa penjual yang menyebabkan kegiatan penjual yang
satu mempunyai peranan penting bagi penjual yang lain. Integrasi
vertikal yang dilaksanankan oleh perusahaan koperasi atau
perusahan-perusahaan lainnya di samping sebagai upaya meningkatkan
efisiensi perusahaan, juga untuk menghindari persaingan yang ketat antar
penjual.
Sumber :
http://wisnuyogi.wordpress.com/2012/11/23/peranan-koperasi-di-berbagai-keadaan-persaingan/
http://ekaodon.wordpress.com/2011/11/11/peranan-koperasi-di-berbagai-keadaan-persaingan/
http://kamukucrud.wordpress.com/2010/12/30/peranan-koperasi-di-berbagai-keadaan-pasar-persaingan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar